Kamis, 02 Juni 2011

karena gue suka karate, nih ada beberapa info seputar beladiri karate.. cekidot !!



Karate (空 手 道) adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Seni bela diri ini pertama kali disebut "Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama adalah ‘Kara’ 空 dan berarti ‘kosong’. Dan yang kedua, ‘te’ 手, berarti ‘tangan'. Yang dua kanji bersama artinya “tangan kosong” 空手 (pinyin: kongshou).

Tingkatan-tingkatan Kyu (sabuk) dalam karate :
- Kyu 10 (Sabuk Putih)
- Kyu 9 (Sabuk Kuning)
- Kyu 8 (Sabuk Orange)
- Kyu 7 (Sabuk Hijau 1)
- Kyu 6 (Sabuk Hijau 2)
- Kyu 5 (Sabuk Biru 1)
- Kyu 4 (Sabuk Biru 2)
- Kyu 3 (Sabuk Coklat 1)
- Kyu 2 (Sabuk Coklat 2)
- Kyu 1 (Sabuk Coklat 3)
- Dan 1 (Sabuk Hitam)


Macam2 KATA (Jurus) Gojukai
- Teikyaku Gedan
- Teikyaku Jodan
- Teikyaku Cudan
- Teikyaku Mawashi
- Teikyaku Kakeiuke
- Gek Sai dai Ich
- Gek Sai dai Ni
- Saifa
- Seipai
- Seienchin
- Sanseiru
- Synchin
- Seisan
- Sisouchin 
- Tensho
- Kururunfa
- Suparimpei 

KUMITE
Kumite merupakan bagian dari latihan karate yang mengajarkan karateka untuk mempraktekkan tehnik menyerang , bertahan dan menyerang balik dengan sungguh-sungguh tetapi dengan keamanan tinggi.
Kumite adalah bagian karate yang merupakan hal baru, pada saat Bapak Karate Gichin Funakoshi hidup, tidak ada latihan kumite, yang beliau ajarkan terbatas hanya Kihon dan Kata. Setelah Beliau wafat dan anaknya mengajarkan karate, dan ketika karate mulai diajarkan disejumlah universitas di Jepang, mulailah Kumite dan Kompetisi menjadi popular.



Sebagian ngambil dari google sebagian gue merangkai kata2 sendiri HAHA. semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu karate gue *lah?*. semoga juga kalian yg baca artikel ini bisa langsung masuk karate !! hehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar